PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARD SEBAGAI MEDIA PENJUMLAHAN PADA AUD KELOMPOK B TK DI TK AL-KHAIR MUSLIMAT KOTA BENGKULU

Warni, Fauziah (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARD SEBAGAI MEDIA PENJUMLAHAN PADA AUD KELOMPOK B TK DI TK AL-KHAIR MUSLIMAT KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSII FAUZIAH CD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang ada di PAUD salah satunya yakni kegiatan menulis, membaca dan berhitung atau calistung. Pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan usia anak yang terdapat standar pencapaiannya yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang berkaitan dengan calistung dan salah satunya yakni permainan multiply card. Dan dari observasi itu yang peneliti dapati dilapangan bahwa di PAUD tersebut belum ada pengembangan permainan multiply card untuk media penjumlahan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Permainan Multiply Card Sebagai Media Penjumlahan Pada AUD Kelompok B TK Al-Khair Muslimat Kota Bengkulu”. Dan metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Adapun tujuan lain yang terdapat dalam metode penelitian ini ialah untuk menghasilkan dan mengembangkan suatu produk yang baru. Dalam penelitian ini cakupan pengembangan berupa media permainan multiply card sebagai media penjumlahan untuk anak TK Kelompok B. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan permainan multiply card sebagai media penjumlahan di PAUD dengan penjumlahan atau isi materi yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dan digunakan sebagai media penjumlahan di TK Al-Khair Muslimat Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test yang dilakukan sebelum menggunakan alat permainan atau media dan post-test yang dilakukan menggunakan media permainan dengan kelompok yang sama untuk mengetahui permainan ini mampu sebagai media penjumlahan dan produk yang dihasilkan sudah di uji validasi oleh para ahli bidangnya. Teknik analisa data yang peneliti pakai menggunakan data kuantitatif dan kualitatif deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa produk permainan ini sudah layak dan valid di gunakan sebagai media penjumlahan dengan diperoleh kategori, BB: <16,66%, MB: 33,33%, BSH: 50%, BSB: 66,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan Multiply Card Sebagai Media Penjumlahan Untuk AUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:07
Last Modified: 05 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item