PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 120 BENGKULU UTARA

Duwi, Siswanti, (2022) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 120 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
016. SKRIPSI DUWI SISWANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 120 Bengkulu Utara? (2) apakah terdapat pengaruh kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 120 Bengkulu Utara? (3) apakah secara simultan terdapat pengaruh gaya mengajar guru dan kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 120 Bengkulu Utara?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh gaya mengajar guru dan kepuasan belajar terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 120 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Teknik pengumpalan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI adalah 42 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial pada gaya mengajar nilai t diperoleh sebesar 0,804 dengan signifikansi 0,426 ≥ sig 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti secara parsial gaya mengajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian pada kepuasan belajar nilai t sebesar 11.435 dengan signifikansi 0,000 ≤ sig 0,05, artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti bahwa secara parsial kepuasan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian secara simultan pada nilai F menunjukkan nilai sebesar 453.643 dengan signifikansi 0,000 ≤ 0,05 artinya, Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti bahwa secara simultan gaya mengajar dan kepuasan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa SDN SD Negeri 120 Bengkulu Utara. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Tidak ada pengaruh gaya mengajar terhadap hasil belajar. (2) Ada pengaruh kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar. (3) Secara simultan ada pengaruh gaya mengajar dan kepuasan belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar, Kepuasan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:08
Last Modified: 05 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item