PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SDN 16 KOTA BENGKULU

Astuti, Indri Dwi (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SDN 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI INDRI DWI ASTUTI PDF .pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Indri Dwi Astuti (1811240238). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V di SDN 16 Kota Bengkulu”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Buyung Surahman, M.Pd, 2. Ahmad Walid, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Students Facilitator and Explaining, Kemampuan Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan guru terkesan kurang bervariasi dan kreatif, ketersampaian konsep dalam pembelajaran IPA dinilai masih cukup rendah, minimnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran,serta keaktifan peserta didik dikelas cenderung rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Kota Bengkulu dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling (sampel acak). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan pengolahan data Uji Paired Sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05 untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 69,11 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,39. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest menunjukkan angka 69,64 dan rata-rata nilai posttest sebesar 76,43. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Students Facilitator and Explaining, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:08
Last Modified: 05 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9409

Actions (login required)

View Item View Item