PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN LURING DENGAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 A LEBONG

Reseliana, Arsi (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN LURING DENGAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 A LEBONG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
ARSI RESELIANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran luring dengan daring pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Muhammadiyah 1 A Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran luring dengan daring pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Muhammadiyah 1 A Lebong. Pada penelitian ini variabel X1 nya yaitu pembelajaran luring, variabel X2 nya yaitu pembelajaran daring sedangkan variabel Y yaitu hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menguji perbandingan dua objek. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam vii penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan rumus Separated Varians. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil thitung = 1,838, sedangkan untuk ttabel dengan melihat nilai dari 20 siswa dengan taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5% yaitu 1,697. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (1,838 ≥ 1,697), yang artinya hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran luring dengan daring pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Muhammadiyah 1 A Lebong. Sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran luring dengan daring pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Muhammadiyah 1 A Lebong. Kata Kunci : Hasil Belajar, Perbedaan Pembelajaran Luring dan Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Perbedaan Pembelajaran Luring dan Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:53
Last Modified: 24 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item