REXY, ILHAM HERDIAZ FITRA AZHARI (2022) DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 99 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
021. REXY ILHAM HERDIAZ FITRA AZHARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN 99 Kota Bengkulu masih belum efektif. Pembelajaran berbasis tematik di SDN 99 Kota Bengkulu masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, yaitu dengan metode ceramah dan penugasan dimana seharusnya pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik. Pada pelaksanaannya pembelajaran tematik di SDN 99 Kota Bengkulu belum berpusat kepada siswa, guru masih menjadi pusat belajar di kelas. Dari segi persiapan pembelajaran, dapat dikategorikan baik karena guru telah menyiapkan semua perangkat pembelajaran yang akan digunakan. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru belum melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang digunakan sehingga belum dapat dikategorikan baik. Dari segi penilaian, sudah dapat dikategorikan cukup baik. Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN 99 Kota Bengkulu belum dapat dikatakan efektif karena masih mengalami beberapa kendala, seperti kurangnya sarana pendukung pembelajaran; kurangnya kemampuan guru untuk memahami pembelajaran tematik; guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik; kurangnya sumber belajar; materi pembelajaran yang terbatas (dangkal); kurang digunakannya media pembelajaran; pembelajaran menjadi monoton; siswa belum bisa membaca pada kelas rendah dan siswa malas membaca pada kelas tinggi; serta kurangnya minat siswa dalam mempelajari materi pelajaran..
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deskripsi Pelaksanaan, Pembelajaran, Tematik, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:54 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:54 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9427 |
Actions (login required)
View Item |