PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Sari, Oktavianti Dewi Yana (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
OKTAVIANTI DEWI YANA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Oktavianti Dewi Yana Sari, 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Kota Bengkulu, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Bengkulu, Pembimbing I Dr. Zubaedi, S.Ag, M.Pd. Pembimbing II Drs. H. Riskan Syahbudin, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, serta guru belum menggunakan variasi model pembelajaran di dalam kelas khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Kota Bengkulu sebanyak 73 siswa. Dimana peneliti mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen di kelas V B dan kelas kontrol di kelas V A dengan jumlah siswa kelas VA dengan jumlah 25 orang dan V B dengan jumlah 24 orang. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa xii pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap uji “t” berdasarkan dari hasil pengujian uji t untuk nilai test akhir diperoleh nilai Sig. (2tailed) = 0,000 < 0,05pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Sesuai kriteria Uji-t berarti HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar yaitu pada kelas eksperimen hasil belajar pada test memiliki nilai rata-rata sebesar 80,83. Sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar memiliki nilai rata�rata sebesar 63,60, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Atas dasar ini, dapat diungkapkan bahwa penggunaan model Make A Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V AL-ISLAM Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:55
Last Modified: 24 Aug 2022 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item