MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN REMAJA PENYANDANG TUNANETRA DI PANTI SOSIAL BINA NETRA AMAL MULIA KOTA BENGKULU

Andika, Rini (2022) MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN REMAJA PENYANDANG TUNANETRA DI PANTI SOSIAL BINA NETRA AMAL MULIA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI RINI ANDIKA 2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Andika NIM. 1811320057, judul Skripsi “Motivasi Menghafal Al�Quran Remaja Penyandang Tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu”. Al-Quran adalah kitab suci agama Islam yang merupakan kallam Allah yang diberikan kepada nabi Muhammad Shalallahu alahi wa sallam membaca Al�Quran merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah yang bernilai pahala, mempelajari Al-Quran sudah menjadi kewajiban seorang muslim. Adanya motivasi pada diri remaja akan memudahkan remaja dalam menghafal dan mempelajari Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motivasi remaja penyandang tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu dalam menghafal Al-Quran, dan bagaimana proses remaja penyandang tunanetra di panti ini menghafal Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus yang mengambil studi penelitian di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu jl. Letkol Santoso Pasar Melintang Kota Bengkulu. Penelitian ini melibatkan enam remaja penyandang tunanetra yang menghafal Al-Quran. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis melalui penelitian kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa motivasi remaja penyandang tunanetra dalam menghafal Al-Quran beranekaragam mulai dari motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri (internal) dan ada juga motivasi yang berasal dari dorongan orang lain (eksternal), selain itu motivasi yang mendasari remaja penyandang tunanetra dalam menghafal Al-Quran bukan hanya berkaitan dengan motivasi di dunia tetapi motivasi untuk akhirat juga menjadi pendorong remaja tunanetra bisa menghafal Al-Quran, adapun proses remaja penyandang tunanetra dalam menghafal Al-Quran, dari ke-enam remaja dua remaja yang menyukai menghafal menggunakan Al-Quran braille, empat remaja lebih menyukai menghafal menggunakan Al-Quran audio atau belajar langsung dengan guru pembina. Kata Kunci: Motivasi, Menghafal Al-Quran, Remaja, Penyandang Tunanetra

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi, Menghafal Al-Quran, Remaja, Penyandang Tunanetra.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:55
Last Modified: 24 Aug 2022 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9482

Actions (login required)

View Item View Item