Dapista, Maya (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI KELAS III MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (Skripsi)
MAYA DAPISTA.pdf Download (8MB) |
Abstract
Nama : Maya Dapista NIM : 1811240147 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul : Pengaruh Penggunaan Metode latihan (Drill) Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Kelas III MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu”, ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa yaitu 67% dalam menghafal Al-Qur‟an sebelum penerapan metode latihan (Driil). Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode latihan (Drill) terhadap kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an . Metode latihan (Drill) adalah metode yang mengulang-ulang membaca tanpa menggunakan teks atau buku. Metode ini peneliti gunakan sebagai cara untuk mempermudahkan siswa dalam menghafal. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment berbentuk penelitian kuantitatif Metode analisis hipotesis yang digunakan adalah paired sampel t–test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan signifikansi terhadap terhadap kemampuan menghafal sebelum dan sesudah penerepan metode (Drill). Hal ini di buktikan dari hasil uji paired t-test yang menunjukan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan (Drill) dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al�Qur‟an dengan baik dan benar dikatakan berhasil. Kata Kunci : Metode latihan (Drill), Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode latihan (Drill), Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:56 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9485 |
Actions (login required)
View Item |