UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN 66 KOTA BENGKULU

Rizky, Miranti Nur (2022) UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
Skripsi Miranti Nur Rizky.pdf

Download (10MB)

Abstract

Miranti Nur Rizky. Tahun 2022. NIM: 1811240197. Judul Skripsi: Upaya Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing 1. Deni Febrini, M.Pd. dan Pembimbing 2. Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan lampiran-lampiran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar tematik pada masa pandemi covid-19. Dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 menggunakan pembelajaran daring yang telah disediakan oleh pihak sekolah dengan menggunakan handphone. Pada pembelajaran daring tersebut siswa kurang aktif dalam proses belajar di karenakan sedikit terkejut dan jenuh dari pada pembelajaran normal guru menjelaskan materi tematik pada pembelajaran daring, siswa hanya memperhatikan, dan mencatat dengan penjelasan dari guru tanpa mengemukakan pendapat. Pada saat pembelajaran normal guru biasanya menjelaskan materi dan membuat diskusi kelompok ke siswa, pada pembelajaran daring ini guru jarang membuat diskusi kelompok dan langsung memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah tanpa mengetahui apakah siswa sudah paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. 2) kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi yang di sediakan oleh guru dalam pembelajaran tematik sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk, dan kurang memahami pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19. 3) Pada masa pandemi covid-19 merupakan salah satu penghambat bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar tematik. Siswa memiliki pengaruh terhadap teman, yang biasanya belajar dikelas bersama teman�teman dan kini hanya terbatas melalui pembelajaran daring. Konsentrasi siswa menurun belajar di siang hari dalam menggunakan sesi pagi dan siang hari pada pembelajaran daring, siswa lebih semangat dan konsentrasi belajar start di pagi hari. Pada masa covid-19 ini siswa berinteraksi sama teman-teman terbatas dengan tatap muka terbatas pada pembelajaran daring. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik, dan Masa Pandemi Covid�19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Miranti Nur Rizky. Tahun 2022. NIM: 1811240197. Judul Skripsi: Upaya Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing 1. Deni Febrini, M.Pd. dan Pembimbing 2. Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan lampiran-lampiran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar tematik pada masa pandemi covid-19. Dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 menggunakan pembelajaran daring yang telah disediakan oleh pihak sekolah dengan menggunakan handphone. Pada pembelajaran daring tersebut siswa kurang aktif dalam proses belajar di karenakan sedikit terkejut dan jenuh dari pada pembelajaran normal guru menjelaskan materi tematik pada pembelajaran daring, siswa hanya memperhatikan, dan mencatat dengan penjelasan dari guru tanpa mengemukakan pendapat. Pada saat pembelajaran normal guru biasanya menjelaskan materi dan membuat diskusi kelompok ke siswa, pada pembelajaran daring ini guru jarang membuat diskusi kelompok dan langsung memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah tanpa mengetahui apakah siswa sudah paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. 2) kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi yang di sediakan oleh guru dalam pembelajaran tematik sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk, dan kurang memahami pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19. 3) Pada masa pandemi covid-19 merupakan salah satu penghambat bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar tematik. Siswa memiliki pengaruh terhadap teman, yang biasanya belajar dikelas bersama teman�teman dan kini hanya terbatas melalui pembelajaran daring. Konsentrasi siswa menurun belajar di siang hari dalam menggunakan sesi pagi dan siang hari pada pembelajaran daring, siswa lebih semangat dan konsentrasi belajar start di pagi hari. Pada masa covid-19 ini siswa berinteraksi sama teman-teman terbatas dengan tatap muka terbatas pada pembelajaran daring. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik, dan Masa Pandemi Covid�19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:56
Last Modified: 24 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item