IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD IT IQRA 2 KOTA BENGKULU

AULIA, ANINDYA JATI (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD IT IQRA 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
042. Skripsi Aulia Anindya Jati.pdf

Download (8MB)

Abstract

Munculnya permasalahan disekolah seperti siswa berkata kasar, pembuliyan, perkelahian, mencotek. Salah satu upaya yang dapat diupayakan dalam mengatasi nilai tersebut adalah melaksanakan pendidikan karakter disekolah. Budaya sekolah menjadi jembatan untuk penerapan pendidikan karakter religius. SDIT Iqra 2 kota Bengkulu sekolah yang menerapkan nilai karakter religius yaitu ibadah dan akhlak melalui budaya sekolah, namun dalam penerapannya masih terdapat masalah dan faktor penghambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu, Apa faktor pendukung dan penghambat implemantasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat nilai karakter religius ibadah dan akhlak yang diimplementasikan melalui budaya ide, perilaku dan artifak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Dalam pengimplementasiannya masih terdapat masalah internal, faktor pendukung internal dan faktor penghambat eksternal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasiannya pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah masih ada masalah dan hambatan yang harus terpecahkan oleh pihak SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Saran dalam penelitian ini adalah kepada kepala sekolah untuk terus melakukan pengawasan dan peningkatan pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah dari berbagai aspek. Kepada guru kelas dan guru pendamping untuk terus meningkatkan kompetensi diri dalam penanaman dan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada siswa seperti lebih kreatif dalam pemberian hukuman / punishment untuk siswa, dan untuk orangtua rangtua diharapkan memahami pentingnya penanaman dan pembiasaan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak ketika diluar jam sekolah, wajib bagi orangtua memahami pendidikan karakter religius bukan semata-mata tugas sekolah saja, ada andil orangtua yang sangat penting sebagai tripusat pendidikan karakter agar pendidikan karakter religius tersampaikan secara maksimal pada anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Religius, Budaya Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:06
Last Modified: 24 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item