Sherly, Rosinta. (2022) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PERAN GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ)DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DI TPQ TAJUL WAQOR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
048. SHERLY ROSINTA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Orang Tua Terhadap Peran Guru TPQ Dalam Memberikan Pendidikan Akhlak Pada Anak Di TPQ Tajul Waqor Kota Bengkulu? Dan apa saja peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak?. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui positif atau negatifnya persepsi orang tua terhadap peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak di TPQ Tajul Waqor Kota Bengkulu dan mengetahui apa saja peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua memiliki persepsi yang baik terhadap adanya TPQ ini dan persepsi yang kurang baik terhadap peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawncara yang diperoleh tentang peran guru TPQ belum berjalan sepenuhnya sehingga anak-anak tidak maksimal dalam mengikuti kegiatan TPQ ini dikarenakan kekurangan tenaga pendidik di TPQ ini. Adapun peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak yaitu: akhlak kepada Allah seperti mengajarkan anak-anak sholat dan ibadah lainnya dalam menjalankan perintah Allah, akhlak kepada Rasulullah seperti mengikuti sunnahsunnah Rasulullah SAW, akhlak terhadap guru seperti hormat dan patuh dengan guru, akhlak terhadap orang tua yaitu hormat dan patuh kepada orang tua, akhlak terhadap sesama teman seperti saling menyayangi, dan akhlak terhadap lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan. Faktor pendukung dalam hal ini ialahiTPQ iTajul iWaqor iyaitu isarana idan iprasarana iyang imemadai, idukungan idari ipara iorang itua, ipembelajaran iyang iada, ipara iguru iyang iberkompeten, ijumlah isantri iyang ibanyak, igedung ibelajar iyang ilayak idan ilingkungan iyang iIslami. Dan faktor penghambatnya ialah kurangnya itenaga ipendidik isehingga iproses ipembelajaran itidak iberjalan idengan imaksimal isesuai idengan iharapan ipara iorang itua, sehingga munculnya persepsi dari orang tua. Untuk persepsi yang kurang baik terhadap peran guru TPQ dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak akan menjadi bahan koreksi untuk lembaga dan juga para tenaga pendidik nya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Orang Tua, Peran Guru TPQ, Pendidikan Akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 01:13 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 01:13 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9528 |
Actions (login required)
View Item |