PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 08 KOTA BENGKULU

Sunadi, Aswin (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 08 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ASWIN SUNADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aswin Sunadi.NIM 1811290050 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu (UINFAS )BengkuluPembimbing 1.Salamah SE M.Pd. 2. Ixsir Eliya, M.Pd. Kata Kunci : Explicit Instruction, Keterampilan Menulis Surat Pribadi Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis surat pribadi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu.Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dengan cara mengumpulkan data sebanyak 30 siswa. Variabel penelitian meliputi Explicit Instruction sebagai variabel bebas dan hasil belajar kemampuan menulis surat pribadi sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif dan x inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu.setelah menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction terjadi peningkatan dilihat dari perolehan presentase yaitu Sebesar 0,828%, Sama 82,8%. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan penggunaan model pembelajaran Explicit Insruction berpengaruh terhadap keterampilan menulis surat pribadi setelah diperoleh tHitung = 11,590 dan tTabel = 0,000 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 08 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Explicit Instruction, Keterampilan Menulis Surat Pribadi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:12
Last Modified: 26 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item