PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PR OBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Pratama, Hamdillah Riki (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PR OBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
HAMDILLAH RIKI PRATAMA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hamdillah Riki Pratama, NIM. 1711240080. Dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreati Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu”. Pembimbing I: Dr. Nurlaili, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Walid, M.Pd. penelitian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v di SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas V B berjumlah 20 orang sebagai kelompok Kontrol dan kelas V C berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan Variabel terikat yaitu kemampaun berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Tekni pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan Uji t. Berdasarkan output diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar untuk pretest kelas eksperimen dengan posttest kelas eksperimen, jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atau Ha diterima dan H0 ditolak. Saran Setiap guru baiknya memperhatikan kemampuan belajar siswa, terutama pada kemampuan berpikir kreatif dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sebaiknya proses belajar mengajar melibatkan keaktifan siswa, dengan pembelajaran akan menjadi menyenagkan dan diaharapkan siswa lebih paham dan pengetahuan yang didapat lebih lama tersimpan dalam ingtan Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:13
Last Modified: 26 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9564

Actions (login required)

View Item View Item