PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 01 KEPAHIANG

Maghfirah, Dinda Dwi (2022) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 01 KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
DINDA DWI MAGHFIRAH(1711210137).pdf

Download (6MB)

Abstract

Dinda Dwi Maghfirah, (1711210137) Judul skripsi Problematika Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SD Negeri 01 Kepahiang. Pembimbing 1. Drs. Sukarno, M.Pd, 2. Dr. Desy Eka Citra Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Penilaian Autentik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi penilaian autentik pada kelas V dan Problematika yang dialami guru dalam melaksanakan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 01 Kepahiang. Problematika merupakan suatu kesenjangan antara kenyataan dengan suatu yang diharapkan dengan baik, agar tercapai hasil yang maksimal. Penilaian autentik merupakan suatu kegiatan untuk melakukan prosedur penilaian yang nyata, yang terdiri dari aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. SD Negeri 01 Kepahiang telah menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran PAI, tetapi masih banyak ditemui permasalahan dalam penerapan penilaian ini. Penelitian ini merupakan penilaian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, display data dan verifikasi data. Yang dijadikan subyek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas V. Hasil penelitian ini yaitu masih banyak kendala yang dialami guru PAI dalam menerapkan penilaian autentik kurikulum 2013 di kelas V, yaitu karena banyaknya siswa/i dalam satu kelas untuk dinilai satu-persatu secara objektif, banyaknya instrumen penilaian yang berbeda-beda di setiap aspek, kurangnya kreativitas guru dalam mengajar serta kurangnya pemahaman guru tentang penilaian autentik. Karakteristik peserta didik yang kurang mendukung, serta kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan kurangnya alokasi waktu untuk menerapkan penilaian secara keseluruhan yang menurut pendidik itu sangat sulit dan rumit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika, Penilaian Autentik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:27
Last Modified: 26 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item