PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU

FATMI, FATMI (2022) PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
074. FATMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya menhafal Al-Quran dapat meningkatkan kecerdasan otak sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam belajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan menhafal AlQuran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek 19 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data denga soal tes tertulis dan dan lisan, dimana tes tertulis berupa soal pemahaman konsep matematika dan tes lisan berupa hafalan Al-Quran siswa. dari hasil penelitian. Uji statistik yang digunakan adalah uji t. Analisis data yang digunakan yaitu teknik regresi sederhana. Dari hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur'an terhadap pemahaman konsep matematika dengan hasil analisis data yang diperoleh nilai Thitung = 4.533 dan sig = 0,000. Nilai sig lebih kecil dari 0,05. Maka terdapat pengaruh positif antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Menghafal Al-Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:21
Last Modified: 30 Aug 2022 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9579

Actions (login required)

View Item View Item