ICHA, RESITA NINGTYAS (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BAGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJA URAI BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
081. ICHA RESITA NINGTYAS - 1811280034.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan membaca AlQur‟an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sehingga dalam hal ini peneliti ingin melihat atau mngetahui apakah ada hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur‟an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Naja Urai Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes lisan membaca Al-Qur‟an, pengisian angket untuk minat belajar dan soal tes tertulis untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dari hasil penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi berganda. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat hubungan yang positif atau hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur‟an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hasil analisis data yang diperoleh dan sig = 0,000. Nilai sig lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur‟an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar, Kemampuan Membaca AlQur‟an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 03:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9588 |
Actions (login required)
View Item |