PENGEMBANGAN MEDIA SPIN BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 25 PAGAR ALAM

FITRIA, RAHAYU (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SPIN BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 25 PAGAR ALAM. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
084. FITRIA RAHAYU.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media spin berbasis kontekstual learning digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Latar belakang maslah dalam penelitian ini yaitu guru yang masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku paket. Karena pada saat ini metode ceramah sudah umum digunakan sehingga hal tersebut dapat membuat siswa kurang tertarik dan monoton dalam mengikuti pembelajaran serta tidak berniat belajar dengan serius karena media yang digunakan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media spin berbasis kontekstual learning sebagai media pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode R & D, media spin merupakan media pembelajaran yang berbentuk nyata. Media ini dibuat untuk memudahkan proses belajar mengajar agar siswa mudah memahami materi tematik yang diajarkan oleh guru, media spin dibuat sederhana dengan disertai kartu materi dan kartu soal yang didesain menarik serta terdapat buku petunjuk penggunaan untuk mempermudah guru dan siswa ketika menggunakan media tersebut. Media ini menggunakan model pembelajaran yang diadaptasi oleh Sugiyono yang memiliki 10 tahapan. Penelitian ini dibatasi menjadi 8 tahapan saja karena keterbatasan waktu dan dana, media spin berbasis kontekstual learning ditinjau dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan rata-rata 94,5% termasuk kategori “Sangat valid” uji validasi ahli materi menunjukkan rata-rata 95,5% termasuk kategori “Sangat valid”, respon guru menunjukkan penilaian dengan rata-rata 94,6% termasuk kategori “Sangat praktis”, dan respon siswa menunjukkan hasil rata-rata 96,4% termasuk kategori “Sangat praktis”. Sehingga media spin berbasis kontekstual learning sebagai media pembelajaran tematik dikatakan sanngat layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media spin, kontekstual learning, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:51
Last Modified: 30 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9591

Actions (login required)

View Item View Item