“PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADI SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU”

SAFRI, LUBIS (2022) “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADI SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU”. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
087. SAFRI LUBIS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Motivasi belajar memiliki peranan tersendiri dalam pencapaian keberhasilan belajar di sekolah. Motivasi belajar sangat perlu ditingkatkan dan dipelihara agar proses pembelajaran akan berjalan lancar dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai harapan. Salah satu cara yang dapat digunankan oleh seorang guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah pemanfaatan model pembelajaran problem based learning yang model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang efektif dalam menumbuhkan semangat maupun motivasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen. Dalam rangka mengumpulkan data dari lapangan penelitian, maka penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun taknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ada beberapa macam uji yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat di peroleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran PBLterhadap motivasi belajar siswa di SDN 58 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan rumus korelasi product moment dengan uji t dan diperoleh angka (26,23) yang mana hasilnya lebih besar dari (2,006). Dan berdasarkan nilai > . Sehingga dapat di nyatakan bahwa ditolak dan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:58
Last Modified: 30 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9594

Actions (login required)

View Item View Item