PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KONTEKTUAL INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD DI KELAS TINGGI

Fauziah, Azka (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KONTEKTUAL INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD DI KELAS TINGGI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
AZKA FAUZIAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

kat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. LKPD yang digunakan oleh peserta didik di sekolah kurang berwarna dan masih menggunakan kertas buram. Pada LKPD juga masih kurangnya soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dan pada saat guru mengajar, sebagian peserta didik tidak memperhatikan dengan alasan tidak menyukai matematika dan tidak memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yaitu LKPD kontektual integrasi nilai-nilai keislaman pembelajaran matematika yang valid dan praktis untuk mempermudan peserta didik pada saat proses pembelajaran dan menanamkan nilai-nilai islam ke dalam diri peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R & D (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu 12 peserta didik untuk ujicoba skala kecil dan 22 peserta didik untuk ujicoba skala lapangan yang merupakan peserta didik kelas VI MI Al-Islam Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validitas dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, validitas bahan ajar oleh ahli materi diperoleh persentase 92,5%, oleh ahli media 83,9% dan oleh ahli integrasi islam 93,75%. Praktikalitas bahan ajar pada ujicoba skala kecil diperoleh persentase 87,3%, pada ujicoba skala lapangan 86,8% dan guru 94,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKPD kontektual integrasi nilai-nilai keislaman pembelajaran matematika SD/MI kelas tinggi yaitu kelas VI yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Kontektual, Integrasi, Nilai Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:34
Last Modified: 31 Aug 2022 02:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item