STRATEGI GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENALKAN AYAT AL-QUR’AN DI KELAS III SDN 20 SELUMA

Claudia, Nova (2022) STRATEGI GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENALKAN AYAT AL-QUR’AN DI KELAS III SDN 20 SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
NOVA CLAUDIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskrpsikan strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenalkan ayat Al-Qur‟an di kelas III SDN 20 Seluma. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. bagaimana strategi guru meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenalkan ayat Al-Qur‟an di kelas III? 2. Apa saja faktor�faktor pendukung dan penghambat guru meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenalkan ayat Al-Qur‟an di kelas III? Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi guru meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenalkan ayat Al-Qur‟an yaitu dengan menggunakan sistem sorangan atau individu dalam membaca Al-Quran, sebelum memulai pembelajaran guru mempersiapkan dan menyusun perencanaan yang berupa tujuan yang akan dicapai, serta menentukan indikator keberhasilan agar langkah yang dilakukan guru jelas dan sesuai dengan arah tujuan yang diharapkan. Faktor pendukung guru meningkatkan kemampua siswa dalam mengenalkan ayat Al-Qur‟an yaitu siswa yang aktif, buku paket, orang tua, sarana dan prasarana, dan kemauan pada diri siswa tersebut. Faktor penghambat guru meningkatkan kemampuan siswa dalam ayat Al-Qur‟an yaitu siswa yang pasif, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya buku paket, serta kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan, Ayat Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan, Ayat Al-Qur‟an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:49
Last Modified: 01 Sep 2022 02:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item View Item