HENI, ANNISA (2022) IMPLEMENTASI METODE BERBAGI PENGALAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 17 SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
105. Heni Annisa.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode berbagi pengalaman dalam mata pelajaran bahasa indonesia materi menulis pantun siswa kelas VII B SMPN 17 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan metode berbagi pengalaman dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis pantun pada siswa kelas VII B melalui tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahapan perencanaan, guru menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan mencantumkan metode berbagi pengalaman. Pada tahapan pelaksanaan, guru mengimplementasikan langkah-langkah metode berbagi pengalaman yaitu experience, publishing and sharing, processing, genaralize, dan applying. Pada tahapan evaluasi dapat diketahui bahwa metode berbagi pengalaman sudah baik dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran menulis pantun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Berbagi Pengalaman, Menulis Pantun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 07:49 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 07:49 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9627 |
Actions (login required)
View Item |