PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 5 KOTA BENGKULU

Putri, Khairunnisa (2022) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 5 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Nisaputri (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Khairunnisa Putri Nim : 1811240269 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Kata Kunci: Video Animasi, Aktivitas Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 5 Kota Bengkulu .Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi di dalam penelitian ini berjumlah 109 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VB berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan VD berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen .Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket. Teknik analisi data uji homogenitas, dengan dk pembilang dan 29, dengan taraf kesalahan 5%, maka harga Ftabel adalah 0,367. Karena Fhitung lebih kecil dari Ftabel (1,710<0,367), maka artinya varians homogen, sehingga analisis quasi eksperiment dapat dilanjutkan. pengaruh Video Animasi Terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas V , dari hasil skor angket siswa pada kelas ekperimen dengan nilai rata-rata kelas ialah 92,2, sedangkan skor angket siswa pada kelas kontrol sebesar 79,2. Perbandingan dari hasil skor lembar observasi siswa pada kelas ekperimen dengan nilai rata-rata kelas ialah 81,7, sedangkan skor angket siswa pada kelas kontrol sebesar 76,6 Dengan melihat hasil nilai rata-rata hasil skor angket dan lembar observasi siswa dari kedua kelas tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan videoanimasi lebih tinggi sedangkan dibandingkan dengan hasil rata-rata pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media video animasi.Nilai t di atas selanjutnya dibandingkan dengan dk = N1+N2 – 2 = 30+3 – 2 = 58. Dengan dk = 58, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = . Dengan demikian, thitung > ttabel ( 1,671>0,367) yang berarti xv hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapatterdapat pengaruh Video Animasi Terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas V , sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Animasi, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:52
Last Modified: 15 Sep 2022 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item