IMPLEMENTASI ADAB BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 9 KOTA BENGKULU

Kesi, mAYORI (2022) IMPLEMENTASI ADAB BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 9 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
113. KESI MAYORI.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui adab belajar siswa yang dilakukan saat belajar, pentingnya adab bagi seorang siswa agar dalam menimbah ilmu dapat mempermudah proses belajarnya dan menjadikan ilmu tersebut dapat bermanfaat. Pelajaran Pendidikan Agama Islam wajib diikuti oleh setiap siswa di sekolah, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasioanal No 20 Tahun 2003 Pasal 13 yang menyatakan bahwa “ setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama. Pendidikan Agama Islam diharapkan untuk siswa dapat mengajarkan dan menerapkan adab sesuai ajaran agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi adab belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi adab belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan ( ) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan perwakilan siswa di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Objek penelitian ini adalah implementasi adab belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi adab belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu yaitu: memiliki niat yang ikhlas, saling mengucapkan salam ketika bertemu, berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca Al-Quran sebelum belajar, sopan santun serta beradab kepada guru dan teman, bersungguh-sungguh dalam belajar, hadir tepat waktu, siswa patuh dengan aturan-aturan di sekolah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat faktor lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Adab Belajar Siswa, Pembelajaran PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:53
Last Modified: 15 Sep 2022 02:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9644

Actions (login required)

View Item View Item