KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 07 SELUMA

LIA, RUSASANTI (2022) KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 07 SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
114. LIA RUSSANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 07 Seluma. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan bersifat korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (tertulis dan tidak tertulis) dengan jumlah sampel 70 siswa, product moment analysis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penghitungan data yang dianalisis menggunakan Microsoft Excel, dengan hasil perhitungan t hitung 3,536 dengan nilai t tabel 1,99547, dengan tingkat variabel penguasaan kosakata diperoleh kategori sedang dengan nilai presentase 51% dan tingkat variabel kemampuan berbicara diperoleh kategori tinggi dengan nilai presentase 50%. Dari hasil perhitungan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara, diperoleh nilai sebesar 0,3925 yaitu dimana pada tabel interprestasi nilai “r” termasuk dalam kategori koreasi lemah (kecil), kemudian setelah dilakukan uji t barulah diketahui besaran tingkat signifikansi korelasinya, yaitu thitung sebesar 3,536 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,99547. Oleh karena itu thitung > ttabel, yaitu 3,536 > 1,99547 maka dalam penelitian ini Ha di terima dan Ho di tolak. Disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara siswa di SMP Negeri 07 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:01
Last Modified: 15 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item