PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU

HENDRI, SYAHPUTRA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
118. HENDRI SYAHPUTRA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah didapatkan data bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu masih tergolong rendah, karena siswa kesulitan merangkai kata-kata dalam menulis tetapi dalam segi pemahaman materi teks eksplanasi tergolong mudah dipahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran 3M dalam menulis teks eksplanasi dan mendeskripsikan hasil menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mampu memahami teks eksplanasi setelah dilakukan penerapan model pembelajaran 3M dalam menulis teks eksplanasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata siswa mampu memahami materi dengan baik. Selain itu, dari data yang didapatkan bahwa hasil menulis siswa mampu menulis teks eksplanasi tetapi tulisan siswa masih sederhana, karena siswa kesulitan mengembangkan ide dan merangkai kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran 3M, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:09
Last Modified: 15 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9663

Actions (login required)

View Item View Item