Mariana, Mariana (2022) EFEKTIVITAS METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDI AL-AZHAR 51 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
MARIANA_PAI.pdf Download (4MB) |
|
Text (Skripsi)
MARIANA_PAI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Mariana. 2022. Nim. 1711240237. Efektivitas Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDI Al-Azhar 51 Kota Bengkul, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing l : Dr. Evi Selva Nirwana, M.Pd dan Pembimbing II : Kurniawan , M.Pd Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDI Al-Azhar 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Qiroati, dan guru bantu Qiroati. Data dianalisis dengan teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil dari penelitian dan pengamatan dalam proses Efektivitas Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDI Al-Azhar 51 Kota Bengkulu yakni metode Qiroati dilakukan dengan menyiapkan materi yang akan diajarkan setelah itu guru memasuki kelas jika materi yang akan diajarkan menggunakan infocus maka guru menampilkan materi dengan infocus yang disediakan. Namun hal itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi terkadang ada pula pembelajaran menggunakan aplikasi zoom terlebih dimasa pandem seperti sekarang ini. Dalam penerapan metode Qiroati ini sudah dilakukan dengan baik dan benar hanya saja belum maksimal dikarenakan terkendala waktu belajar yang dikurangi pada masa pandemi selain itu sekolah terkendala juga dengan kekurangan tenaga pendidik terkhususnya dibidang pembelajaran Qiroati. Meskipun adanya kekurangan tetapi metode Qiroati ini tetap sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an karena metode Qiroati ini praktis dan mudah dipahami serta mudah digunakan oleh tenaga pendidik untuk memberikan materi dalam pembelajaran Al-Qur’an, seorang anak juga lebih jelas dalam melafalkan bacaan, anak-anak tidak merasa terbebani dari materi yang diberikan secara bertahap dari kata-kata yang mudah hingga sederhana, dan dengan menggunakan metode Qiroati ini anak-anak dapat melafalkan dengan tartil beserta tajwidnya yang baik dan benar. Kata Kunci : Metode Qiroati, Pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Qiroati, Pembelajaran Al-Qur’an. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9687 |
Actions (login required)
View Item |