PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELAS III DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

RANI, SETIANI (2022) PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELAS III DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
126. RANI SETIANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa kelas III SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III, guru kelas, petugas perpustakaan, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor internal penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca dan menulis siswa kelas III terdiri dari: a) Pemahaman tenaga pendidik dan kependidikan terhadap gerakan literasi sekolah. b) peserta didik. 2) Faktor eksternal penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca dan menulis siswa terdiri dari: a) lingkungan sekolah kurang mendukung yaitu budaya membaca di sekolah masih rendah, program literasi belum berjalan maksimal, kurangnya slogan membaca, dan mading jarang diperbarui. b) peran perpustakaan belum maksimal yaitu kondisi perpustakaan kurang terawat, pelayanan perpustakaan kurang maksimal, dan tata ruang perpustakaan kurang rapi. c) keterbatasan buku/bahan bacaan meliputi kurangnya ketersediaan buku pengetahuan, kemampuan siswa dalam membeli buku masih rendah, dan siswa tidak memiliki koleksi buku di rumah. d) pembelajaran yang diterapkan guru yaitu dominan mengerjakan soal dan jarang memanfaatkan perpustakaan. e) lingkungan keluarga kurang mendukung yaitu xii budaya membaca di keluarga masih rendah dan sebagian besar orang tua jarang mengajak siswa ke toko buku karena latar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah. f) pengaruh menonton televisi dan bermain handphone meliputi siswa menggunakan waktu luang di rumah untuk menonton televisi dan untuk bermain games di handphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: faktor penyebab, kemampuan literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:04
Last Modified: 15 Sep 2022 04:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item