UPAYA MELESTARIKAN NILAI-NILAI KARAKTER REMAJA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Suku Pekal Desa Pasar Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara)

Riga, Nidra Oganta (2022) UPAYA MELESTARIKAN NILAI-NILAI KARAKTER REMAJA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Suku Pekal Desa Pasar Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara). Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
131. Nidra Oganta.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan melestarikan bentuk-bentuk karakter yang muncul dari kearifan lokal dan upaya melestarikan karakter pada remaja Desa Pasar Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field research) yaitu: suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan, dimana peneliti adalah sebagai instumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari perangkat Desa, tokoh adat dan masyarakat, Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif yaitu mengunakan metode analisis intraktif. Upaya melestarikan nilai-nilai karakter remaja berbasis kearifan lokal dapat membantu remaja memebentuk nilai-nilai karakter yang lebih baik lagi melalui kearifan lokal Suku Pekal, Bentukbentuk karakter yang ada pada kearifan lokal suku pekal seperti disiplin, tanggung jawab, kerja keras, jujur, kreatif dan religius. Upaya melestarikan nilai-nilai karakter remaja di lakukan oleh Keluarga, Perangkat Desa, Tokoh adat, Pelatih Tari Gandai dan Basilek imau serta Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai karakter, Remaja, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:15
Last Modified: 22 Sep 2022 02:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9699

Actions (login required)

View Item View Item