ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN SCRAPBOOK SISWA PADA HASIL BELAJAR SISWA

PITRI, JELIZA AWALIA (2022) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN SCRAPBOOK SISWA PADA HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
139. PITRI JELIZA AWALIA pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan scrapbook siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 102 orang. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan sampel kelas kontrol 26 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametris (uji wilcoxon dan uji mann whitney).Dengan diperoleh ratarata hasil belajar kelas eksperimen 71,96 yang artinya nilai tersebut melebihi rata-rata kelas kontrol sebesar 50,96. Hasil analisis hipotesis statistik uji mann whitney bahwa niai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan scrapbook siswa terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Scrapbook Siswa, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:16
Last Modified: 22 Sep 2022 02:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9709

Actions (login required)

View Item View Item