PENGARUH METODE EKSPERIMEN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 108 SELUMA

TITA, APRILIA (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 108 SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
174. TITA APRILIA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 108 Seluma, yang berjumlah 12 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif Quasi Eksperimen yaitu hanya menggunakan satu kelas. Desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest. Dalam kegiatan uji coba tidak menggunakan kelompok kontrol. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diuji cobakan. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan total sampling karena jumlah sampel sama dengan populasi.Variabel penelitian ini berupa variabel bebas yaitu pengaruh metode eksperimen, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” test. Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen sains terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 108 Seluma. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil posttest adalah 79,5. Jadi hasil belajar IPA setelah menggunakan metode eksperimen hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan sebelum menggunakan metode eksperimen. Selain itu presentase kategori hasil meningkat yakni sangat tinggi yaitu 7,7%, tinggi 58,3%, sedang 17%, rendah 17%, dan sangat rendah berada pada presentase 0%. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa thitung sebesar 2,69 dengan frekuensi (dk) sebesar 12-1 = 11, pada taraf signifikansi 5% diperoleh taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatifnya (Ha) di terima yang berarti bahwa metode eksperimen mempengaruhi kemampuan hasil belajar IPA siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:02
Last Modified: 22 Sep 2022 04:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item