THE INFLUENCE OF ENGLISH SUBTITLED CARTOON VIDEOS IN TEACHING LISTENING ABILITY (A Quasi-Experimental at Eight Grade of SMPN 05 Bengkulu in Academic Year 2021/2022)

Zetri, Agustin (2022) THE INFLUENCE OF ENGLISH SUBTITLED CARTOON VIDEOS IN TEACHING LISTENING ABILITY (A Quasi-Experimental at Eight Grade of SMPN 05 Bengkulu in Academic Year 2021/2022). Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
180. Zetri Agustin.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh yang signifikan pada kemampuan mendengar terhadap siswa yang diajarkan dengan menggunakan video kartun subtitle bahasa inggris dengan yang tidak diajarkan di SMP 5 Bengkulu. Adapun jenis penelitiannya adalah quasiexperiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP 5 Bengkulu. Peneliti menggunakan cluster random sampling dengan mengambil dua kelas sebagai sampel. Kelas VIII A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas control. Instrument dalam penelitian ini adalah tes yang tediri dari pre-test dan post-test. Data penelitian ini diambil dari siswa dalam kemampuan mendengar yang dikumpulkan dengan dua tes, yaitu pre-test dan pos-test. Pre-test digunakan untuk menentukan kemampuan mendengarkan siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan post-test digunakan untuk menentukan kemampuan mendengarkan siswa setelah perlakuan. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan rumus dari independent dan paired sample T-test menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan analisis t-test, nilai sig. adalah 0.000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 0.000<0.05 yang berarti nul hipotesis (Ho) xiv ditolak dan alternative hipotesis (H1) diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan video kartun subtitle bahasa inggris terhadap kemampuan mendengar siswa SMP 5 Bengkulu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mendengarkan, video kartun subtitle bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:13
Last Modified: 27 Sep 2022 06:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9767

Actions (login required)

View Item View Item