PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAANKOMPETENSI GURU PAI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 179KABUPATEN SELUMA

MUSTIKA, SOPANI (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAANKOMPETENSI GURU PAI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 179KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
211. MUSTIKA SOPANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 179 Kabupaten Seluma.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yakni suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif, baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data-data yang diperoleh di lapangan adalah berupa uraian kata-kata serta ungkapan secara deskripsi dari hasil wawancara responden dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:Pertama, Pembinaan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PAI, yaitu: 1) pembinaan berkaitan dengan perencanaan pembelajaran terdiri dari pembimbingan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran. 2)pembinaan pada pelaksanaan pembelajaran. 3) pembinaan pada evaluasi pembelajaran.Kedua, Proses pelaksanan pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang tercapai adalah: 1)perencanaan pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran: dapat menyampaikannya dengan baik tanpa ada kesulitan dari segi materi. 3) evaluasi pembelajaran. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan, yaitu: 1) Faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan terbuka terhadap proses supervisi yang dilakukan oleh pengawas, bahkan mereka merasa ingin dan senang jika supervisi dilakukan dalam meningkatkan kualitas kinerja mereka. 2) Faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, adanya permasalahan yang muncul pada pembelajaran Pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:29
Last Modified: 29 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9797

Actions (login required)

View Item View Item