STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 106 BENGKULU SELATAN

FITRIANI, LIDYA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 106 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
LIDYA FITRIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 106 BENGKULU SELATAN Penulis: LIDYA FITRIANI NIM. 2011540008 Pembimbing: 1. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd 2. Dr. Ahmad Suradi, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Di SD Negeri 106 Bengkulu Selatan, guru telah mengajarkan dan memberikan ilmu sesuai dengan pedoman pembelajaran. Akan tetapi, pada proses pembelajaran siswa masih ada yang kurang mendengarkan guru, siswa masih belum aktif dalam proses pembelajaran, dan ada beberapa siswa yang belum maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran PAI di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SD Negeri 106 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SD Negeri 106 Bengkulu Selatan yaitu melalui pemberian bimbingan dalam motivasi belajar, pemberian bimbingan dilakukan dengan memberikan pengawasan khusus terhadap siswa yang sangat kurang mampu dalam mata pelajaran yang diajarkan, pemberian bimbingan dilakukan dengan tujuan untuk membuat siswa paham dan mengerti dengan pelajaran tersebut. Kedua, faktor pendukung adanya guru PAI yang kreatif saat mengajar, dukungan dari pihak sekolah dan orang tua, dan fasilitas media pembelajaran di sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu sering tidak mendengarkan gurunya, siswa belum aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa belum mampu mengikuti pembelajaran PAI. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi dan Prestasi Belajar, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi dan Prestasi Belajar, Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:57
Last Modified: 31 Aug 2022 01:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9859

Actions (login required)

View Item View Item