STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 101 KOTA BENGKULU

GUSTINA, VERA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 101 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
VERA GUSTINA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Beragama Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 101 Kota Bengkulu”. VERA GUSTINA NIM : 2011540004 Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Agama Islam mengajarkan konsep saling menghormati, kasih, sayang, dan penghargaan bagi sesama manusia. Maraknya karakter negatif pada peserta didik perlu pembentukan karakter toleransi beragama harus ditanamkan kepada peserta didik, Karena peserta didik itu banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal sekolah. Setiap individu dilahirkan dengan membawa sifat-sifat tertentu yang diturunkan secara genetis faktor internal dan faktor eksternal berupa pengaruh lingkungan dan pembiasaan yang membuat siswa bisa menjadi baik atau tidak baik. Proses kepedulian pembentukan karakter ini dalam rangka untuk mewujudkan dan membudayakan peserta didik secara individual dengan sepenuh hati untuk menjadikan mereka insan yang baik. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan toleransi beragama pada peserta didik dan Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter toleransi beragama pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 101 Kota Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter toleransi beragama peserta didik dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembentukan karakter toleransi beragama pada peerta didik di Sekolah Dasar Negeri 101 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan toleransi beragama pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri 101 Kota Bengkulu yaitu memasukan materi karakter toleransi beragama pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, cerita atau kisah, kedisiplinan, dan Kegiatan Ekstrakurikuler berbasis Agama Islam. Kedua, faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan toleransi beragama pada peserta didik tercermin adanya motivasi dan dukungan orang tua, komitmen bersama, dan fasilitas lengkap. Sedangkan faktor penghambat yaitu latar belakang siswa, kurang kesadaran siswa, dan lingkungan atau pergaulan siswa. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan, Toleransi Beragama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan, Toleransi Beragama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:56
Last Modified: 31 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item