Muhammad, Firdaus (2022) PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TIMELINE DENGAN CONCEPT MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS XI MAN 2 KEPAHIANG. Masters thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
TESIS MUHAMMAD FIRDAUS.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode pembelajaran Timeline dengan Concept Map Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 2 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental research). Dengan pendekatan kuantitatif dan penelitian yang sifatnya membandingkan, yang dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan 2 atau lebih sifat-sifat dan fakta-fakta objek yang diteliti berdasarkan suatu kerangka pemikiran tertentu. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan, 1) ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Timeline dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 2 Kepahiang, 2) ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Concept Map dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 2 Kepahiang, 3) Dari hasil regresi sederhana antara metode Timeline dan Concept terdapat perbandingan, yang dimana apabila metode Timeline meningkat 1% maka hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan 0,580, metode timeline ini lebih meningkat dari pada metode Concept Map yang dimana apabila metode concept map ini meningkat 1% maka hasil belajar siswa meningkat sebesar 0,336.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Timeline Learning Method, Concept Map, and Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:04 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9895 |
Actions (login required)
View Item |