FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELAS I DI SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU

Mayangsari, Nadia (2022) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELAS I DI SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI NADIA MAYANGSARI (1811240215).pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas masalah faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan anak kelas I di SD Negeri 41 Kota Bengkulu. Penelitian ini di latar belakangi oleh menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas I masih tergolong rendah, padahal seharusnya siswa kelas I sudah dituntut untuk lancar membaca karena untuk mempersiapkan pada jenjang kelas berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor�faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan anak kelas I di SD Negeri 41 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Informan atau subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IC SD Negeri 41 Kota Bengkulu, guru, kepala sekolah dan orangtua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan anak kelas I di SD Negeri 41 Kota Bengkulu adalah siswa malas atau kurang motivasi dari diri sendiri, kurang minat belajar membaca, kurang dukungan dari orangtua, dan pengaruh dari teman sekelas. Jadi terdapat beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa yaitu faktor dari siswa itu sendiri, faktor guru, faktor orangtua, dan faktor proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Kualitatif Deskriptif, Kemampuan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item