At-Thibaq Fi Diwan Imam Syafi'i (Dirasah Tahliliyah Badi'iyah), لطباق في ديوان اإلمام الشافعي )دراسة تحليلية بديعية(

Mustopa, Khoir (2022) At-Thibaq Fi Diwan Imam Syafi'i (Dirasah Tahliliyah Badi'iyah), لطباق في ديوان اإلمام الشافعي )دراسة تحليلية بديعية(. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI KHOIR MUSTOPA .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul At-Thibaq Fi Diwan Imam Syafi'i (Dirasah Tahliliyah Badi'iyah). Kitab Diwan Imam Syafi'i ini terdapat syair yang berupa tentang petunjuk kehidupan seperti Nasihat, Cinta, Menuntut Ilmu dan lain-lain sebagainya. Dan syair-syairnya mudah difahami dan mengandung makna yang sangat dalam. Imam Syafi'i dikenal sebagai ulama besar yang cerdas, bahkan di usianya yang ke-15 keilmuan Imam Syafi'i sudah setaraf dengan seorang Mufti.Di dalam penelitian ini, fokus permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini meliputi dua hal, yaitu Pertama, apa saja jenis-jenis at-Thibaq yang terdapat dalam diwan Imam Syafi'i, Kedua, apa makna at-Thibaq yang terdapat dalam diwan Imam Syafi'i tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah kajian pustaka atau Library Research, dengan menggunakan pendekatan kajian ilmu Badi'. Penelitian ini menggunakan dua sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Hasil penelitian di dalam diwan Imam Syafi'i ini terdapat 2 macam jenis Thibaq, yaitu terdapat 9 Thibaq Ijab, 2 Thibaq Salb. Dan makna Thibaq berupa tentang cinta, dunia, kehidupan, taubat. ىذه الرسالة ا٤بوضوع الطباق ُب ديوان اإلمام الشافعي )دراسة ٙبليلية بديعية(. كتاب ديوان اإلمام الشافعي يعِب ديوان الذي فيو شعر عن تعلمات ا٢بيات مثل النصيحة، ا٢بب، والعلم وغّب ذلك. و شعره بسيط وسهل الفهم وحيتوي عىب معُب عميق جدا. يعرف اإلمام الشافعي بأنو عامل عظيم ذكي، حٌب يكون اإلمام الشافعي مفتيا ُب ا٣بامسة عشر. أما أسئلة البحث: أوال، ما أنواع الطباق ُب ديوان اإلمام الشافعي. ثانيا، ما معُب الطباق ُب ديوان اإلمام الشافعي. ىذا البحث مكتيب ٗبنهج الكفي، يستخدم ا٤بصدراين األولية والثانوية. نتائج البحث ىي: أوال، يوجد نوعاين من الطباق: طباق اإلجياب تسعة أبيات، وطباق السلب بيتاين. ثانيا، معاين الطباق: ا﵀بة، الدنيوية، العيشة، التوبة.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Badi', At-Thibaq, Syair, Diwan Imam Syafi'i. علم البديعية، الطباق، شعر، ديوان اإلمام الشافعي
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:59
Last Modified: 03 Oct 2022 03:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item