PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI DAN MASA NEW NORMAL MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU

Zahrah, Fadhillah (2022) PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI DAN MASA NEW NORMAL MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FADHILLAH ZAHRAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Problematika proses pembelajaran masa pandemi dan masa new normal pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya proses pembelajaran mata pelajaran tematik kelas IV yang baru memasuki fase kelas tinggi dan pada saat itu juga mereka harus merasakan adanya masa pandemi covid-19 dan masa new normal, maka proses pembelajaran dialihkan dengan pembelajaran daring. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah adanya sebagian siswa/i di masa pandemi dan new normal pada proses pembelajaran tematik di SDN 50 Kota Bengkulu tidak memilki handphone dan ada sebagian siswa yang sulit untuk membeli kuota internet dikarenakan keterbatasan ekonomi. Dengan adanya keterbatasan tersebut maka para siswa dan wali murid sangat sulit untuk menerima informasi yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui problematika dalam proses pembelajaran di masa pandemi dan masa new normal mata pelajaran tematik kelas IV di SDN 50 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang melatarbelakangi problematika dalam proses pembelajaran di masa pandemi dan masa new normal mata pelajaran tematik kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 50 Kota Bengkulu, yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber dari wali kelas dan siswa kelas IV B dan sumber data sekunder adalah dari Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan uji keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan cara xii pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian anak yang tidak memiliki handphone dan sebagian anak yang sulit untuk membeli paket internet, maka solusi yang diberikan oleh SDN 50 Kota Bengkulu adalah siswa atau wali murid bisa datang ke sekolah untuk menanyakan informasi terkait tugas sekolah, pengumpulan tugas dan info lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Proses Pembelajaran, Masa Pandemi dan Masa New Normal, Mata Pelajaran Tematik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:00
Last Modified: 03 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item