UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TATAP MUKA TERBATAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 MUKOMUKO

Maradita, Lezi (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TATAP MUKA TERBATAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (SKRIPSI)
PDF SKRIPSI AKBAR HIDAYATULLAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lezi Maradita. 1811240109. Skripsi “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Tatap Muka Terbatas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Mukomuko”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing I. Dr.Hj. Khairiah, M. Pd, pembimbing II. Hengki Satrisno, M. Pd.I Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tatap muka terbatas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Mukomuko dan mengetahui kendala dalam pelaksanan pembelajaran. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Keadaan kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung cukup kondusif mungkin dikarenakan peserta didik kelas V sudah cukup besar dan mengerti. Sebagian besar peserta didik terlihat lesu dan bosan, hanya sebagian kecil peserta didik yang mempunyai dorongan dari dalam dirinya untuk belajar, dikarenakan terbiasa pembelajaran daring pada saat pandemi covid-19. Berbagai upaya yang telah dilakukan para guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pacsa tatap muka terbatas di MI Negeri 3 Mukomuko, bahwa memang benar hal tersebut diterapkan oleh guru seperti menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan dengan mengadakan kompetisi dan kerjasama antar siswa seperti cerdas cermat, memberikan hadiah atau pujian sebagai penghargaan kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan yang telah diberikan, memberikan nilai atau angka pada tugas siswa, agar siswa mengetahui kemajuan belajarnya, dan memberikan tugas untuk menguji pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tatap muka terbatas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Mukomuko. Siswa sudah terbiasa dirumah dan memainkan kan handphone atau ponsel pada saat pembelajaran daring, menjadi lebih susah untuk guru membangkitkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar, ada xi siswa yang kurang mengindahkan perintah guru untuk mengerjakan tugas dan juga fasilitas yang kurang memadai sangat berpengaruh dengan pembelajaran. Kesimpulan menunjukkan berbagai upaya yang telah dilakukan para guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pacsa tatap muka terbatas di MI Negeri 3 Mukomuko, mengadakan kompetisi dan kerjasama antar siswa seperti cerdas cermat, memberikan hadiah atau pujian sebagai penghargaan kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan yang telah diberikan, memberikan nilai atau angka pada tugas siswa. Saran semoga kedepannya penulis selanjutnya dapat memperluas wawasannya, dan skripsi saya dapat membantu memberi jawaban atas penelitian selanjutnya. Kata kunci: Upaya guru, Motivasi belajar, dan Pasca Tatap Muka Terbatas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Upaya guru, Motivasi belajar, dan Pasca Tatap Muka Terbatas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:25
Last Modified: 03 Oct 2022 07:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item