PENYELESAIAN SENGKETA BATAS TANAH KEBUN DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, Seluma)

Ariman, Ariman (2018) PENYELESAIAN SENGKETA BATAS TANAH KEBUN DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, Seluma). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi lengkap-Lengkap, PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana penyelesaian sengketa batas tanah kebun di desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, Seluma, (2) dan bagaimana penyelesaian sengketa batas tanah kebun tersebut di tinjau dari hukum Islam. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data mekanisme penyelesaian sengketa batas tanah kebun di desa lubuk resam kecamatan seluma utara, seluma. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penyelesaian batas tanah kebun tersebut ditetapkan air sungai, meskipun air sungainya berpindah aliran ataupun bertambah besar. (2) Menurut hukum Islam maka penyelesaian sengketa batas tanah kebun yaitu dengan “sulh” yang berarti suatu jenis akad atau perjanjian untuk mengakhiri perselisihan/pertengkaran antara dua pihak yang bersengketa secara damai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sengketa Tanah Kebun, Hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Muamalah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:03
Last Modified: 04 Nov 2022 03:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item