PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MIN 02 KOTA BENGKULU

RESKA ANGGOLA, ADE (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MIN 02 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB I REVISI 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ade Reska Anggola, NIM. 1416242632, Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Papan Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di MIN 02 Kota Bengkulu. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1 : Dr.H. Zulkarnain. S, M.Ag, Pembimbing 2: Desy Eka Citra, M.Pd Kata Kunci : Media Papan Bergambar, Hasil Belajar Siswa Untuk mencapai hasil belajar yang di linginkan guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan bergambar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MIN 02 Pagar Dewa Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain peneltian quasi eksperimen design dengan dengan pendekatan nonequivalent group pretest posttes design pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IIA yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas II B berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan Media Papan Bergambar. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menguji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney (Uji statistic non parametris), Berdasarkan perhitungan uji statistik Mann Whitney didapatkan nilai nilai Zhitung (3,01) > Ztabel (1,96). Dengan demikian yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media papan bergambar terhaap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas II di MIN 02 Kota Bengkulu .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Papan Bergambar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:36
Last Modified: 02 Apr 2019 08:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item