PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STIK DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Yurestina, Tri (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STIK DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Yurestina, Tahun 2018, NIM.1416242802 “Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas III SD Negeri 52 Kota Bengkulu”. Pembimbing I: Drs. H. M. Nasron HK, M. Pd.I, Pembimbing II:Azizah Aryati, M.Ag Kata Kunci:Hasil Belajar,IPS,Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan Metode konvensional Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 52 Bengkulu. Apakah ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik pada kelas III SD Negeri 52 Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah ada atau tidak ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dengan yang menggunakan metode Konvensional. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yang menjadi objek penelitian adalah siswa IPS kelas III SD Negeri 52 Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dengan yang menggunakan metode Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas III SD 52 Kota Bengkulu maka dapat ditarik kesimpulan perhitungan bahwa Ternyata Fhitung=Ftabel atau 50,40 > 1,724, maka varian kedua data adalah homogen sehingga analisis korelasi dapat dilanjutkan. Dengan demikian, hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran koooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 52 Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPS,Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan Metode konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:37
Last Modified: 02 Apr 2019 08:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item