UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYAH QOMARIYAH

Ria Saputri, Gendis (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYAH QOMARIYAH. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi gendis pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Gendis Ria Saputri, 1416212628, Judul Skripsi : “ Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an di Pondok pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah “. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1.Drs.Sukarno,M.Pd, 2.M. Hidayaturrahman, M.Pd.i Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah, Apa saja hambatan guru dalam meningkatkan hasil membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah. Batasan Masalah penelitian ini yaitu Agar penelitian ini tidak terlalu luas sehingga dapat dilakukan dengan jelas dan terarah maka peneliti membatasi ruang lingkup penelitian ini pada guru dalam meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1. Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar membaca AL-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah sudah maksimal dengan cara Melakukan pembiasaan sebagai kegiatan rutin santri, Memberikan point (nilai) kedalam daftar nilai sebagai penilaian dari kegiatan mengajar Al-Qur’an, Memberikan penghargaan bagi santri yang aktif dan berprestasi dalam membaca Al-Qur’an, Mengadakan kompetisi/lomba-lomba disetiap kesempatan (hari besar Islam) agar bisa memikat santri menjadi gemar membaca Al-Qur’an, Menerapkan 4 metode penyampaian dalam proses mengajarkan Al-Qur’an dengan tajwid. 2. Upaya dalam meningkatkan hasil belajar dari segi pelaksanaan dalam Membaca Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah, ada pun fasilitas yang mendukung, Seharusnya mengadakan meja belajar buat santri yang belajar di asrama dan di masjid, Adanya infokus dalam 1 kelompok agar siswa tersebut bisa melihat dan mendengarkan tentang cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar dengan menayangkan video dan tutorial, Kurangnya tempat untuk belajar seperti gedung serbaguna yang dimana santri tersebut seminggu sekali atau 1 bulan sekali buat 1 kelompok yang dimana memakan tempat yang cukup luas. 3. Upaya dalam meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dari segi evaluasi pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah. Faktor Pendukung dalam hasil membaca Al-Qur’an adalah keaktifan siswa itu sendiri dalam pembelajaran, Peran aktif dari guru Dan peran orang tua. Faktor Penghambat Kurangnya kedisiplinan peserta didik, Kurangnya minat santri dalam membaca Al-Qur’an, Kurangnya motivasi dari keluarga (orang tua) santri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, meningkatkat, membaca alqur'an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:38
Last Modified: 02 Apr 2019 08:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item