UPAYA GURU MENEGAKKAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA

Gustian, Caca (2019) UPAYA GURU MENEGAKKAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Caca Gustian, NIM. 1416513078, 2018 judul Skripsi: “Upaya Guru Menegakkan Kedisiplinan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA LAIS Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. A! Fauzan Amin, M.Ag 2. Nurhidayat, M. Ag Kata Kunci: Upaya Guru, Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Tujuan di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru menegakkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di MA LAIS , serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru menegakkan kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA LAIS . Adapun metode yang digunakan dalam peneltiian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang sudah dilakukan maka dapat peneliti simpulkan sebagai berikut: 1) Peran guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas X di MA LAIS Kabupaten Bengkulu Utara antara lain: a) Ketepatan guru saat datang ke sekolah, disini guru memberikan teladan mengusahakan datang ke sekolah tepat waktu. b) Tutur kata dan bahasa yang baik dan sopan, baik dalam penyampaian pembelajaran maupun dalam keseharian di lingkungan sekolah. c) Cara berpakaian guru sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku, guru selalu memberikan contoh memakai seragam dengan baik dan sopan. d) Selalu bersalaman dengan sesama guru lain ketika masuk ke ruang guru, disini guru selalu meneladankan dan memoerikan contoh dengan cara selalu bersalaman dengan sesama guru dan siswa. 2) Faktor pendukung guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas X di MA LAIS Kabupaten Bengkulu Utara adalah a) Adany? kontrol dari Kepala Sekolah secara langsung antara lain 1) Dengan terlibat langsung, 2) Dengan melalui evaluasi rutin, b) Adanya peran aktif dari para guru, c) Adanya peran aktif dari orang tua siswa, d) Kesadaran para siswa, dan e) Adanya kekompakan antara kepala sekolah dengan para guru. Adapun faktor penghambatnya adalah a) Pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa membagi waktu dengan baik karena Kesibukan pekerjaan dan b) pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kedisiplinan dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:14
Last Modified: 28 Mar 2019 01:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item