PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 SELUMA

Susanti, Meli (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MELI SUSANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meli Susanti NIM. 1416513074 judul skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma”. Kata Kunci: Model CTL, Prestasi Belajar dan Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas adanya proses pembelajaran Aqidah akhlak yang belum dapat meningkatkan prestasi belajar yang signifikan. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (Ctl) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma. Berangkat dari tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (Ctl) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (Ctl) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = 4,23 sedangkan t tabel=2,01 (t hitung > t tabel). Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran contextual teaching and learning (Ctl) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma diterima dan Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (Ctl) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Seluma ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Prestasi Belajar dan Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:13
Last Modified: 28 Mar 2019 01:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item