PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 78 KOTA BENGKULU

Arjuna, Eni (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 78 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ENI ARJUNA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang, permasalahan di Sekolah Dasar Negeri 78 Kota Bengkulu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V yaitu Pembelajaran PAI masih bersifat konvensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru, selain itu model dan metode yang dipakai tidak beragam bentuknya, pembelajaran hanya fokus pada penugasan yaitu meminta siswa mengerjakan soal-soal yang terdapat pada buku pelajaran tanpa melibatkan kemampuan yang siswa miliki sehingga siswa tidak kreatif dan tidak antusias dalam belajar, Siswa merasa jenuh dan bosan karena pembelajaran cenderung pasif. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan pengaruh model cooperative learning tipe make A match dengan model konvensional terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu yang berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian yaitu kelompok eksperimen yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 35 siswa dan kelompok kontrol adalah siswa kelas VB yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model cooperative learning tipe make A match dengan model konvensional terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 6,59 sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa perbedaan pengaruh model cooperative learning tipe make A match dengan model konvensional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu dapat diterima. Hasil belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe make A match lebih baik dari pada yang menggunakan model konvensional dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, Hasil Belajar, PAI.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 May 2019 03:38
Last Modified: 07 May 2019 03:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item