UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Kalsum, Ummi (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
UMMI KALSUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian adalah Motivasi Belajar Siswa rendah dalam proses pembelajaran IPA. Hal ini terlihat pada saat kegiatan pembelajaran, hanya 8-9 siswa yang aktif padahal jumlah keseluruhan siswa di kelas V adalah 29 orang selebihnya siswa terlihat kurang antusias dalam kegiatan belajar karena berbagai faktor yaitu : siswa cendrung bosan mengikuti pelajaran, siswa kurang menguasai materi. Dengan adanya model pembelajaran ini akan membantu siswa berfikir mengenai materi secara mandiri dan kreatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Resource Based Learning (RBL) yang telah dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini dapat dilihat dari skor keseluruhan motivasi belajar siswa peserta didik pada siklus I sebesar 58,02% yang dalam kategori sedang sebanyak . Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 67, 30% yang dalam kategori tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Resource Based Learning (RBL) , Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:04
Last Modified: 08 Oct 2020 01:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item View Item