PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI KOTA BENGKULU

Putra Sanjaya, Yogi (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YOGI PUTRA SANJAYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif (expost facto). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Kota Bengkulu yang berjumlah 120 orang dan peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling yang dilakukan secara acak yang menghasilkan 40 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, uji-t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kota Bengkulu dilihat pada = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana ̂ yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,48 tindakan, dimana pelaksanaan metode pemberian tugas mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa sebesar 30,25% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 69,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:13
Last Modified: 16 Jun 2020 06:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item