Putra Sanjaya, Yogi (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
YOGI PUTRA SANJAYA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif (expost facto). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Kota Bengkulu yang berjumlah 120 orang dan peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling yang dilakukan secara acak yang menghasilkan 40 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, uji-t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kota Bengkulu dilihat pada = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana ̂ yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,48 tindakan, dimana pelaksanaan metode pemberian tugas mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa sebesar 30,25% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 69,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 04:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:49 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3690 |
Actions (login required)
View Item |