IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MEMPELAJARI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI IBU-IBU PENGAJIAN DI MASJID AL-MUTTAQIN DESA LUBUK ULAK KECAMATAN MUARA PINANG KABUPATEN EMPAT LAWANG

Sri, Wulan Dari (2021) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MEMPELAJARI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI IBU-IBU PENGAJIAN DI MASJID AL-MUTTAQIN DESA LUBUK ULAK KECAMATAN MUARA PINANG KABUPATEN EMPAT LAWANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI WULAN DARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sri Wulan Dari, NIM 1611210071, Januari 2021, “Implementasi Metode Ummi Dalam Mempelajari Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Ibu-Ibu Pemgajiam Di Masjid Al-Muttaqin Desa Lubuk Ulak Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pemimbing: 1. Dr. Kasmantoni, M.Si, 2. Drs. Suhilman Mustofa, M.Pd.I Kata Kunci: Impelementasi Metode Ummi, Baca Tulis Al-Qur’an, Ibu-ibu Pengajian Pembelajaran Al-Qur‟an harus memiliki metode yang tepat supaya dapat menghasilkan cara membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, dengan menerapkan metode ummi pada pembelajaran baca tulis AlQur‟an untuk dapat mengatasi permasalahan dalam mempelajari Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi metode ummi dalam mempelajari baca tulis Al-Qur‟an bagi ibu-ibu pengajian. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ummi dalam mempelajari baca tulis Al-Qur‟an bagi ibu-ibu pengajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penedakatan kualitatif dengan jnis penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Masjid Al-Muttaqin Desa Lubuk Ulak Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi dari metode ummi ialah menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan menggunakan pendekatan yang sangat baik bagi ibu-ibu pengajian, Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ummi dalam mempelajari baca tulis Al-Qur‟an, yaitu tingkat antusias ibu-ibu masih sangat minim, tingkat ingatan ibu-ibu pengajian sangat terbatas, dan kesulitan dalam pengelihatan pada saat proses pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an sangat kurang karena faktor umur. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah pembelajaran AlQur‟an yang dipelajari ibu-ibu pengajian diantaranya mempelajari cara membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, mempelajari cara penulisan ayat-ayat Al-Qur‟an dengan benar, serta memahami isi kandungan AlQur‟an yang dipelajari

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impelementasi Metode Ummi, Baca Tulis Al-Qur’an, Ibu-ibu Pengajian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Feb 2021 01:59
Last Modified: 09 Feb 2021 01:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item